Mengenal Arti Staycation, Manfaat sampai Cara Memulainya

Gimana nih, Gaes? Ada rencana cuti dalam waktu dekat? Pingin berkunjung ke destinasi wisata populer tapi kondisi nggak memungkinkan? Coba deh mengenal arti staycation dulu! Apa saja manfaat sampai gimana cara memulainya?

Well. Liburan memang waktu yang paling kita nantikan. Ini tuh kayak kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari, menjelajahi tempat baru, dan bersantai.

Namun, ada perubahan gaya hidup yang dipengaruhi oleh pandemi global beberapa waktu lalu dan kebutuhan untuk menghemat uang. Kurasa, kita mungkin sudah nggak asing dengan istilah yang sedang tren dan semakin populer bernama staycation.

Daftar Isi

Apa Itu Staycation?

Staycation adalah perpaduan antara kata “stay” (tinggal) dan “vacation” (liburan). Dengan kata lain, staycation berarti menjalani liburan di tempat tinggal atau di sekitar lingkungan kita, bukan pergi jauh atau ke destinasi liburan eksotis.

Staycation memungkinkan kita untuk merasakan kenikmatan liburan tanpa perlu menghadapi kerumitan perjalanan jauh, perubahan zona waktu, atau biaya akomodasi yang tinggi.

Manfaat Staycation

Manfaat Staycation

Mengenal arti staycation berarti mengenal manfaatnya. Iya. Staycation memiliki sejumlah manfaat yang bisa sangat berguna bagi individu dan keluarga. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari staycation:

1. Menghemat Biaya Liburan

Salah satu manfaat paling jelas dari staycation adalah menghemat uang. Kita ‘kan nggak perlu mengeluarkan biaya tiket pesawat, akomodasi, atau transportasi lainnya. Jadi, kita bisa menikmati liburan yang terjangkau.

2. Waktu Bersama Keluarga

Staycation adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tanpa terganggu oleh gangguan dari dunia luar.

Kita bisa merencanakan aktivitas bersama seperti piknik, bermain game, atau mengeksplorasi tempat-tempat menarik di sekitar tempat tinggal kita. Anggap saja sebagai quality time bersama keluarga gitu deh.

3. Mengeksplorasi Tempat Menarik di Sekitar Kita

Selama ini, kita mungkin berpikir bahwa berlibur harus mendatangi lokasi wisata populer. Bila perlu, kita akan lebih senang mengunjungi kota bahkan Negara lain.

Hal ini memberi kesan bahwa kita mengabaikan keindahan dan daya tarik di sekitar lingkungan kita sendiri. Padahal, bukan nggak mungkin lho ada hal yang luput dari perhatian kita selama ini.

Oleh karena itu, staycation memberi kita kesempatan untuk mengeksplorasi dan menghargai hal-hal yang mungkin kita lewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita mungkin akan menemukan tempat-tempat baru yang menarik di dekat rumah.

4. Mengurangi Stres dan Lebih Santai

Bepergian jauh seringkali melibatkan perencanaan yang rumit, persiapan, belum lagi kadang kita menemui hal-hal yang nggak pasti. Dalam beberapa kondisi, bukannya kita bisa refreshing. Yang ada malah bikin kita tambah stres.

Dengan staycation, maka kita nggak perlu merasa terburu-buru atau khawatir tentang masalah perjalanan. Ini bisa membantu kita merasa lebih santai dan mengurangi stres selama liburan.

5. Mendukung Ekonomi Lokal

Ketika healing staycation artinya kita mungkin akan memilih untuk membeli apapun dari bisnis lokal. Mengunjungi tempat wisata lokal dan makan di restoran mereka.

Dengan begitu, kita bisa mendukung ekonomi di komunitas lokal dan memberikan dukungan atau kontribusi untuk kemajuan bisnis mereka.

6. Lebih Fleksible

Kalau Teman-teman ingin cuti dengan jadwal yang lebih bebas, maka kita butuh liburan yang dekat dengan rumah saja. Pilihan yang paling cocok memang staycation.

Kita akan punya kendali penuh atas jadwal dan aktivitas selama staycation. Kita bisa merencanakan sesuai dengan keinginan, dan jika ada perubahan, kita nggak perlu khawatir akan mengganggu rencana perjalanan yang rumit.

Cara Memulai Staycation Anda

Tips Memulai Staycation

Jika Teman-teman merasa tertarik untuk mencoba staycation, berikut adalah beberapa tips untuk memulai:

1. Buat Rencana

Sama seperti perjalanan jauh, kita selalu bisa membuat rencana untuk staycation yang akan kita lakukan.

Bukannya apa-apa. Staycation ‘kan nggak berarti kita berlibur hanya untuk tinggal di tempat tertentu. Tapi, kita perlu melakukan hal-hal yang menyenangkan. Semacam penghiburan untuk melepas kepenatan dan stres yang melanda.

Oleh karena itu, kita butuh untuk membuat daftar aktivitas yang ingin kita lakukan, tempat yang ingin kita kunjungi, dan makanan yang ingin kita nikmati.

2. Mengurangi Distraksi

Rasanya, saat cuti dan berlibur, kita nggak mau ada gangguan. Bikin fokus kita terdistraksi dari usaha bersenang-senang. Malah terus saja memikirkan aktivitas harian.

Penting sekali mengurangi sumber distraksi saat staycation. Kita bisa mematikan ponsel dan komputer. Memastikan teman dan keluarga tahu bahwa kita sedang berlibur. Lalu, fokus penuh sama pengalaman staycation.

3. Jelajahi Tempat-tempat Lokal

Seperti yang kubilang tadi. Bukan nggak mungkin kita melewatikan hal-hal menyenangkan yang ada di sekitar tempat tinggal kita lho.

Sehingga, kita bisa mulai menjelajahi situs-situs lokal, taman, museum, atau atraksi lain di kota kita. Mau itu sedikit atau banyak, kita pasti akan menemukan pengalaman baru yang menyenangkan.

4. Nikmati Makanan Lokal

Aku yakin kuliner bukanlah sesuatu yang membosankan. Katakanlah, kita sudah sering kali mencoba banyak makanan di sekitar tempat tinggal kita. Tapi, kita tentu bisa menikmatinya lagi.

Cari restoran lokal atau wisata kuliner yang ada di kota kita! Kemudian rasakan makanan yang kita suka dengan nuansa staycation.

5. Bersantailah Sepenuhnya

Banyak yang mengira staycation tuh untuk liburan yang santai. Meski kita sudah merencanakan beberapa aktivitas yang menyenangkan. Kita nggak boleh lupa untuk bersantai sepenuhnya.

Setiap aktivitas yang kita lakukan harus bisa membuat kita merasa bahagia. Agar tujuan staycation bisa tercapai.

Kesimpulan

Mengenal arti staycation adalah alternatif liburan yang menarik dan bermanfaat. Ini memungkinkan kita untuk menikmati waktu berkualitas dengan keluarga, menghemat uang, dan mengeksplorasi keindahan lingkungan lokal.

Jika kita ingin merasakan sensasi liburan tanpa perlu pergi jauh, staycation adalah pilihan yang sempurna.

Tinggalkan komentar