6 Tips Traveling Sendiri yang Aman Buat Para Ladies

Cuti Sini – Hai, Ladies! Liburan telah usai ya! Ada yang nggak sempat melakukan perjalanan karena merasa sendiri? Kamu pasti belum tahu tips traveling sendiri yang aman buat para ladies kan?

Sayang banget lho kalau liburan cuma kita habiskan dengan rebahan doang. Emang nggak pingin refreshing? Menghabiskan waktu di tempat baru. Agar pikiran kembali segar dan kita siap dengan aktivitas rutin di hari-hari sibuk.

Traveling Sendiri? Kenapa Nggak?

Menjadi seorang introvert rasanya lebih nyaman menghabiskan waktu liburan di rumah saja. Nonton drakor, melakukan beberapa hobi dan lain-lain.

Tapi, ada kalanya kita ingin melakukan perjalanan. Ke suatu tempat baru yang terlihat menyenangkan. Sayangnya, kita nggak punya teman perjalanan yang asyik. Sehingga, kalau pun memaksa pergi. Ya harus mau pergi sendirian.

Well. Sebenarnya, nggak papa kok kita traveling sendiri. Kenapa nggak? Hanya saja, kita memang perlu persiapan yang matang dan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi.

Lagipula, melakukan traveling membuat kita bisa menemukan banyak hal baru. Selain itu, kita akan menemukan banyak perspektif baru yang nggak terpikirkan selama ini.

Coba deh Tips Liburan Ala Backpackeran

Tips Traveling Sendiri yang Aman Buat Para Ladies

 

tips solo traveler
Credit to www.pexels.com/id-id/@conojeghuo

 

Saat kita berada pada fase titik jenuh yang mungkin berbeda dengan teman sejawat. Atau katakan saja kita nggak punya teman asyik yang bisa diajak bepergian. Nggak ada salahnya kok melakukan perjalanan sendiri.

Biar nggak khawatir berlebihan. Coba deh lakukan beberapa tips traveling sendiri yang aman buat para ladies berikut ini:

1. Lakukan Riset untuk Menentukan Kebutuhan Kita Saat Traveling

Hal dasar yang perlu kita ketahui adalah informasi mengenai harga tiket, akomodasi dan lain-lain mengenai tempat yang menarik minat kita. Hal ini termasuk jam operasional transportasi dan detail tempat yang akan kita tuju.

Kalau perlu, kita bisa bertanya pada teman-teman atau forum yang memiliki minat yang sama dengan kita. Mintalah saran dan rekomendasi dari mereka.

Paling nggak, dengan berbekal informasi tersebut. Kita akan merasa aman meski sedang traveling sendirian.

2. Menyusun Itinerary Liburan yang Menyenangkan

Setelah mengetahui informasi dasar atau mendapatkan rekomendasi terkait tempat tujuan traveling. Kita bisa menyusun itinerary liburan yang menyenangkan.

Ingat ya! Kita hanya sendirian. Jadi perlu rencana yang matang. Meski ada kemungkinan terjadi perubahan rencana nanti. Seenggaknya, rencana yang telah kita susun membantu kita sebagai panduan.

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Saat bepergian sendiri, kita nggak bisa bebas menitipkan barang pada siapapun. Oleh karena itu, jangan membawa barang terlalu banyak ya! Secukupnya saja.

Terkait pakaian juga nggak perlu berlebihan mempersiapkan sebanyak waktu liburan. Kita selalu bisa memanfaatkan jasa laundry yang tersedia di tempat tujuan wisata kok.

4. Pastikan Tempat Penyimpanan Uang, ATM dan Dokumen dengan Baik

Urusan penyimpanan uang, ATM dan dokumen ini perlu kita pikirkan. Kalau bisa jangan menyimpannya pada satu tempat yang sama. Misalkan kita menaruh semua uang, ATM dan dokumen perjalanan dalam satu dompet saja.

Bukan berharap yang nggak baik sih. Cuma mengantisipasi adanya sesuatu yang nggak kita inginkan, seperti copet. Kita ‘kan nggak tahu ya. Namanya juga tempat baru.

Seandainya, kejadian kita kecopetan. Maka kita nggak perlu pusing. Karena kita masih memiliki cadangan pada tempat penyimpanan lainnya.

Coba Tips Mengatur Keuangan agar Bisa Cuti Setiap Tahun

5. Manfaatkan Teknologi

Kadang kala, kita nggak berani traveling sendirian karena merasa khawatir kesasar. Bingung. Nanti kita minta tolongnya pada siapa. Malah nggak bisa pulang ‘kan bahaya.

Hellow, bestie! Jaman sudah udah serba modern lho. Teknologi sudah semakin canggih.

Kita bisa memanfaatkan teknologi. Untuk menentukan arah ada google map. Kita juga bisa memanfaatkan kamus untuk membantu bicara dengan orang-orang sekitar. Kalau-kalau kita melakukan perjalanan sampai ke luar negeri.

Selain itu, biar nggak merasa dibohongi saat berbelanja. Kita bisa mencari referensi dan cek harga dengan melakukan konversi dengan mata uang kita.

Terkait hal ini, kita perlu menginstal aplikasi-aplikasi yang sekiranya penting sebelum berangkat ya.

6. Cari Kontak Bantuan

Tips traveling sendiri yang terakhir adalah mencari kontak bantuan atau nomor-nomor penting di kota yang akan kita tuju. Siapa tahu kita perlu pertolongan. Maka, kita bisa segera menghubungi nomor tersebut.

Kalau kita harus mengganti nomor ponsel selama perjalanan. Jangan lupa memberi kabar pada keluarga tentang nomor baru tersebut.

Cari Tempat Cuti? Ini Dia 5 Lokasi Indah di Malaysia

See! Melakukan perjalanan sendiri nggak terlalu menakutkan kok. Kita bisa melakukan tips traveling sendiri yang aman bagi para ladies. Sehingga traveling akan terasa sangat menyenangkan. Semoga bermanfaat.

12 pemikiran pada “6 Tips Traveling Sendiri yang Aman Buat Para Ladies”

  1. Karena pergi sendiri berarti kudu ada persiapan matang ya. Lebih aman lagi semisal kita ada kontak bantuan seperti teman atau kenalan di kota tersebut, jadi lebih aman deh.

    Balas
  2. suka salut sama ladies yang berani dan sudah terbiasa traveling sendirian.. secara saya aja yang cowok, masih berfikir dua kali kalau mau solo traveling… ngeri2 sedap

    Balas
  3. wah bisa seru juga ya traveling solo kalau persiapannya sematang ini. tapi honestly, aku gagap kalo traveling sendiri, gak berani dan takut. mungkin karena terbiasa traveling sama suami dan keluarga, hehehe

    Balas
  4. Nomer 6 ini yg sering terlupakan, padahal penting banget. Termasuk nomer telp teman/sahabat/keluarga, yg berada di kota yg dituju. Siapa tau dibutuhkan

    Balas
  5. Lakukan riset itu work banget ya Mbak,, bermanfaat banget, misalnya nanya temen yg udah pernah ke sana, kita auto dikasih tips do’s dan dont’s nya pula, seneng banget

    Balas
  6. Saya malah lebih suka travelling sendirian mbak, bebas menentukan mau jalan ke arah mana. kalau ada teman/rombongannya kadang nggak enak mau nolak kalau teman ngajak belok kiri, padahal saya tuh pengennya belok kanan

    Balas
  7. Wah seru juga ya traveling sendirian. Belum pernah nyoba saya. Tips di artikel ini bakalan jadi panduan saya kalau suatu saat nanti saya traveling sendirian. Kira kira berani gak ya? Wkwkwk

    Balas
  8. Wah buat refreshing boleh juga ini traveling sendirian kalau lagi enggak ada teman yang bisa diajak, walau kalau saya, enggak bisa ya kalau traveling sendirian jaraknya jauh, tetap harus ada temannya. Tapi boleh ini Mbak 6 tipsnya, siip

    Balas

Tinggalkan komentar