Sibuk Kerja? Begini Cara Membakar Kalori di Tempat Kerja

Sibuk bekerja di kantor sih nggak masalah ya. Namanya juga tanggung jawab. Tapi, mbok yo tetap memperhatikan kondisi tubuh. Udah tahu belum kalau ada cara membakar kalori di tempat kerja?

Maksudku, kita bisa tetap memelototi layar komputer atau mengerjakan semua tugas sambil melakukan beberapa aktivitas yang bisa bakar kalori. Jadi, pekerjaan kelar. Eh tubuh kita tetap ideal gitu lho.

Oh iya, jangan lupa memperhatikan tanda-tanda kita butuh cuti! Biar nggak jenuh, hanya ngurusin pekerjaan.

Tips Membakar Kalori Jauh dari Meja Kerja

1. Saat Diskusi Bisnis, Cobalah Lakukan Sambil Berdiri atau Jalan Kaki

Tips Membakar Kalori Di Tempat Kerja

Ketika kita lagi ngobrol sama klien di telepon. Ketimbang ngobrol sambil duduk doang. Mending kita nerima telpon dan ngomongin bisnisnya sambil berdiri atau jalan kaki.

Tahu nggak sih? Berbicara sambil jalan kaki tuh bisa banget bakar kalori tanpa harus meninggalkan pekerjaan lho.

2. Jalan Kaki ke Tempat Kerja Bisa Jadi Olahraga Ringan Lho

Ini dulu kulakukan saat bekerja di Semarang. Jarak kosku ke gedung perkantoranku cuma sekitar 10-15 menit dengan jalan kaki. Jadi, aku lebih suka jalan kaki saat berangkat dan pulang kantor.

Bahkan aku selalu memilih jalan yang agak jauh. Kadang-kadang sambil cari makanan untuk makan malam. Menurutku lumayanlah bisa olahraga ringan setiap hari. Kalori terbakar tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

3. Cari Makan Siang di Sekitar Kantor

Masih seputar membakar kalori dengan jalan kaki. Teman-teman bisa coba buat melangkah ke luar kantor saat makan siang. Cari tempat makan yang dekat-dekat kantor saja. Jadi, nggak perlu naik kendaraan deh.

Cara Membakar Kalori Dari Meja Kerja

4. Siapkan Standing Desk

Dari tadi kita ngomongin cara bakar kalori yang jauh dari meja kerja. Gimana saat kita kudu mantengin dokumen seharian?

Tenang saja! Kita bisa melakukannya sambil berdiri ‘kan? Misalnya, sediakan standing desk! Lalu letakkan saja laptop kita di sana.

Konon katanya, meski ada perbedaan pendapat, umumnya berdiri bisa membakar kalori sebanyak 50 kal/jam. Memang sih nggak banyak. Tapi kalau kita akumulasikan selama beberapa hari yo lumayan. Iya nggak?

5. Gunakan Balance Ball Chair

Apa sih balance ball chair? Semacam kursi yang menggunakan bola keseimbangan untuk ganti bantalan kursinya.

Balance ball chair ini bikin kita bergerak naik turun secara perlahan sambil duduk. Hal ini memungkinkan kita untuk mengeluarkan sedikit energi ekstra untuk membakar kalori lebih banyak dong.

Lagian ya. Kalau kita duduk di kursi ini tuh bisa meregangkan otot-otot inti (di sekitar dada). Dengan begitu, kita bisa duduk tegak dan seimbang.

6. Latih Otot dengan Hand Gripper, Barbel Kecil atau Exercise Band

Saat membaca dokumen, kemungkinan kita nggak akan sering menggunakan tangan untuk bekerja. Sehingga, kita bisa menggunakannya untuk melatih otot bisep dengan menggunakan hand gripper, barbel kecil atau exercise band.

Latihan dengan peralatan ini bisa membakar kalori. See! Banyak kok latihan sederhana yang bisa kita lakukan untuk membakar kalori meski kita harus berurusan dengan pekerjaan.

Jadi, saat penilaian kinerja karyawan. Kita tetap mendapatkan nilai yang baik.

Cara Membakar Kalori Di Tempat Kerja

7. Lakukan Gerakan-gerakan Sederhana Sambil Bekerja

Ada beberapa penelitian yang bilang bahwa aktivitas sederhana, kayak mengetuk-ketukkan kaki dan tangan, menggerakkan anggota tubuh saat bicara dan lain-lain. Bisa lho membantu kita buat bakar kalori.

Malah, gerakan-gerakan seperti orang yang sedang gelisah pun bisa membakar kalori sebesar 300 kal per hari.

Konon katanya, bergerak seperti orang gelisah adalah salah satu dari beberapa perilaku yang bisa membakar kalori dan tergolong dalam ‘’Non-Exercise Activity Thermogenesis’’ (NEAT). Artinya adalah gerakan yang nggak dimaksudkan dalam olahraga.

Kesimpulan

Nggak masalah meski kita harus bekerja seharian. Misalkan sebagai atasan pun, kita juga perlu memotivasi karyawan agar kinerjanya meningkat. Meski begitu, kita tetap nggak boleh cuek sama kondisi tubuh kita.

Nyatanya, kita bisa melakukan beberapa cara membakar kalori di tempat kerja lho. Meski sekedar kegiatan-kegiatan sederhana. Pun kalori yang terbakar juga nggak seberapa jumlahnya.

Tapi, tetap saja. Kalau kita melakukannya secara konsisten. Itu bisa sangat membantu kita. Betul nggak, Gaes?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar