Kebiasaan Keuangan Biar Bisa Cuti Akhir Tahun dan Liburan

Akhir tahun memang waktu yang tepat untuk ambil cuti tahunan. Tapi, gimana kalau uang kita malah habis di awal tahun? Nggak bisa cuti dong. Coba deh lakukan kebiasaan keuangan biar uang nggak habis di awal tahun!

Maksudku, dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan ini. Kita bisa selalu menghemat uang. Nggak hanya di awal tahun. Tapi bulan-bulan berikutnya juga.

Sehingga, liburan untuk cuti tahunan bukan lagi mimpi semata. Benar ‘kan?

Kebiasaan Keuangan Biar Uang Nggak Habis Di Awal Tahun

1. Disiplin Mengatur Keuangan

Sebenarnya, mengatur keuangan tuh bukanlah hal yang rumit. Asal kita mau disiplin dalam pelaksanaannya. Bukan yang hanya bertahan seminggu atau dua minggu doang. Tapi disiplin mengatur keuangan secara berkelanjutan.

Disiplin ini termasuk saat memutuskan menabung dan berinvestasi untuk mempersiapkan dana darurat ya. Usahakan menyiapkan dananya saat baru memperoleh penghasilan. Bukan menunggu ada sisa di akhir bulan.

Yakin deh. Kalau kita punya prinsip menabung sisa uang di akhir bulan. Maka, nggak akan ada dana yang tersisa. Tahu sendiri, seberapa banyak kebutuhan kita.

Apalagi kalau kelihatan masih ada uang. Kita nggak akan segan buat memenuhi kebutuhan itu. Meski nggak terlalu urgent. Hayo ngaku! Siapa yang begini?

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Mencatat Setiap Pengeluaran

Catatan Pengeluaran untuk Mengelola Pendapatan

Mengatur keuangan terutama mengelola pendapatan bisa kita mulai dengan mencatat semua pengeluaran secara teratur. Mulai dari pengeluaran yang nilai nominalnya gedhe sampai yang nilainya kecil, seperti biaya parkir dan lain-lain.

Setelah itu, lakukan analisa sederhana dari pengeluaran tersebut. Kelompokkan semua pengeluaran berdasarkan sifatnya yaitu pengeluaran wajib, nggak wajib dan pelengkap.

Usahakan agar pengeluaran yang nggak wajib dan sekedar pelengkap porsinya lebih kecil daripada pengeluaran wajib ya! Kalau perlu dan bisa ditunda ya mending pengeluaran tersebut nggak usah ada sekalian.

3. Buat Rekening Alternatif

Punya rekening alternatif tuh cukup membantu kita buat mengatur keuangan lho. Terlebih bagi kita yang ingin berhemat dan menabung untuk dana darurat.

Sisihkan saja sebagian gaji saat kita baru menerimanya. Lalu simpan di rekening alternatif yang sudah kita buat.

Dengan begitu, kita nggak akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut. Sampai dana darurat terkumpul dan kita mendapatkan goals keuangan yang sudah kita buat. Misalnya saja cuti untuk liburan akhir tahun.

4. Nggak Usah Bersaing Gaya Hidup

Aku punya tetangga yang sukanya menerapkan gaya hidup konsumtif. Maksudku, kalau ada tetangganya yang baru beli barang. Sebut deh TV atau kulkas baru. Dia pasti beli juga. Semacam mengikuti persaingan gaya hidup gitu.

Saranku mah mending nggak usah bersaing dalam urusan gaya hidup ya. Bukannya apa sih. Gaya hidup begitu malah bikin boros lho.

Iya kalau penghasilan kita mencukupi untuk memenuhi gaya hidup seperti itu. Kalau nggak cukup. Mau dari mana kita mendapatkan uang buat menutupi kekurangannya?

Jadi, mending nggak usahlah sok gengsi dan boros! Biarin saja tetangga beli barang ini dan itu. Kalau kita merasa nggak perlu dengan barang tersebut, nggak perlu latah ikutan beli juga ya, Gaes!

Mending uangnya masuk ke rekening alternatif. Buat tambah-tambah untuk liburan akhir tahun. Iya nggak?

Bacaan Menarik Lainnya:

5. Jangan Berutang Kalau Nggak Perlu

Kebiasaan keuangan yang baik berikutnya adalah hindari utang. Nggak perduli, sekali pun ada banyak kemudahan dalam hal berutang saat ini. Apalagi kalau cuma urusan konsumtif.

Kita harus berusaha menciptakan keuangan yang sehat. Batasi pengeluaran. Kalau memang nggak perlu dan belum ada uangnya mending nggak usah dibeli.

6. Lawan Kebiasaan Boros

Tahu nggak sih? Godaan buat hidup boros tuh gedhe banget. Tapi, kalau kita ogah punya masalah finansial di kemudian hari. Akan lebih baik kalau kita lawan kebiasaan hidup boros ya, Gaes!

Kita bisa membuat skala prioritas untuk setiap pengeluaran yang akan kita lakukan. Apakah kita akan mengeluarkan dana untuk pemenuhan kebutuhan atau sekedar memenuhi keinginan? Utamakan pilihan pertama ya!

Selanjutnya, gunakan dana untuk tabungan atau investasi! Alokasikan saja minimal 20% dari total pendapatan setiap bulannya. Hal ini jelas akan membantu kita mewujudkan tujuan keuangan yang kita buat. Khususnya niat cuti tahunan buat liburan akhir tahun.

Lakukan Kebiasaan Keuangan yang Baik Biar Bisa Cuti Akhir Tahun!

Gimana nih Gaes? Masih khawatir uang kita habis di awal tahun? Cobalah lakukan kebiasaan-kebiasaan baik dalam mengelola uang, seperti disiplin mengatur uang, catat setiap pengeluaran, buat rekening alternatif, hindari persaingan gaya hidup dan utang serta lawan kebiasaan boros.

Sehingga, kita bisa mewujudkan semua tujuan keuangan kita di masa depan. Termasuk buat cuti tahunan dan liburan akhir tahun. Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tinggalkan komentar