Travel Hacks Sederhana untuk Perjalanan Nyaman

Aku selalu suka kalau ada yang mengajakku traveling. Khususnya ke tempat-tempat yang memang aku mau, kayak Jogja, Bali, Malang dan lain-lain. Nah, aku punya travel hacks sederhana yang bikin perjalanan nyaman dan nggak khawatir ketinggalan barang apapun. Apa saja? Yuk, cek di sini!

Travel Hacks Sederhana untuk Perjalanan yang Nyaman

1. Hindari Pergi Akhir Pekan, Senin, atau Saat Hari Libur Nasional

Aku tahu akhir pekan dan hari libur nasional adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Apalagi kalau kita adalah seorang yang bekerja. Waktu-waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sayangnya, kalau kita pilih waktu itu malah bikin kita mengeluarkan dana lebih. Kenapa?

Karena pihak-pihak yang bertanggung jawab dengan urusan perjalanan, baik itu transportasi dan akomodasi lainnya, bakal menetapkan harga yang lebih tinggi.

Perjalanannya sih bakalan nyaman. Tapi, kalau duit kita ikutan terkuras karena kenyamanan. Ya, buat apa? Benar nggak?

2. Update Melalui Aplikasi Traveling

Saat mau melakukan perjalanan, ada baiknya kita update melalui aplikasi traveling. Kita bisa mencari harga promo untuk tiket dan akomodasi. Sehingga saat bepergian, kita bisa merasa nyaman plus aman di kantong.

3. Light Weight Packing

Memang sih perjalanan bakal terasa nyaman saat kita mengenakan pakaian yang bersih dan rapi. Jadi, wajar saat prepare urusan busana. Kita bakal bawa baju yang sekiranya cukup untuk kita pakai selama pergi.

Tapi, tahu nggak sih? Itu malah bikin kita memasukkan banyak baju. Lalu berujung membawa banyak koper. Memangnya hal ini bikin nyaman? Kayaknya nggak deh.

Oleh karena itu, kita kudu ubah persepsi tentang jumlah baju ini. Nggak perlu bawa baju yang jumlahnya sesuai dengan jumlah hari kita saat pergi.

Toh, kita bisa cuci baju ‘kan kalau emang kehabisan. Apa gunanya ada laundry? Hehehe…

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Gulung Baju Bukannya Dilipat

Masih urusan light weight packing. Kita perlu memperhatikan gimana cara kita menata baju dalam tas atau koper. Pasti harus rapi dan nggak terlalu makan tempat. Maksudku sih biar saat traveling, kita nggak mikirin betapa banyaknya tas yang harus kita tenteng atau tinggal di hotel.

Baiknya sih kita nggak melipat baju kayak mau menyimpannya di lemari. Tapi, mending menggulung baju dengan rapi sebelum masuk ke tas. Dengan begitu, kita bisa memasukkan lebih banyak baju dan hasilnya pun lebih compact gitu.

5. Masukkan Sabun Batangan ke Dalam Laundry Bag

Ada satu hal yang bikin aku malas traveling. Meski ini hanya dalam porsi yang amat sedikit sih. Tapi, tetap saja bikin nggak nyaman. Yaitu aroma lembab yang menguar dari baju kotor. Duileh. Nggak asyiklah.

Terus gimana cara menanggulanginya? Biar perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan bahkan saat kita sudah sampai rumah.

Kita bisa meletakkan sabun batangan ke dalam tas yang berisi baju-baju kotor. Bisa pakai sabun yang ada di hotel atau beli sabun batang yang harganya murah.

6. Membawa Rol Kabel

Aku biasa rebutan colokan buat charger ponsel sama temanku saat di penginapan. Tahu sendirilah ya. Colokan di hotel tuh kadang terbatas. Nggak bakal cukup bisa mengisi daya ponsel bersamaan. Apalagi kalau kami bawa ponsel lebih dari satu.

Hal ini bisa kita antisipasi dengan membawa rol kabel sendiri lho. Jadi, kita bisa charge ponsel barengan deh.

7. Manfaatkan Kamera Polaroid

Kamera Polaroid untuk Buat Foto
Kasih Foto Polaroid Buat Oleh-oleh

Mau traveling kemana pun, kalau kita punya teman kantor dan lain-lain. Sudah bisa dipastikan kalau mereka bakalan minta oleh-oleh. Pilihannya ‘kan kita harus bawa apapun biar nggak jadi orang pelit.

Masalahnya adalah kita nggak tahu apakah uang kita masih cukup untuk beli oleh-oleh untuk mereka atau nggak Jadi, gimana dong?

Aku punya satu saran yang bagus nih. Kita bisa manfaatkan kamera polaroid. Kertas polaroidnya ‘kan bisa kita persiapkan sebelum berangkat. Lagian, harganya juga terjangkaulah. Kita cuma harus membidik objek-objek yang bagus dan bisa memberi kesan ke teman-teman.

Bacaan Menarik Lainnya:

8. Pesan Tiket ke Melalui Aplikasi Pencarian Tiket

Terakhir dan yang paling utama adalah pesan tiket dan akomodasi lainnya melalui aplikasi pencari tiket saja. Ada banyak ‘kan aplikasi sejenis.

Kita bisa membandingkan harga dari berbagai maskapai. Menemukan diskon yang bagus untuk kondisi kantong. Dan lain sebagainya.

Travel Hacks Sederhana Agar Nggak Khawatir Ketinggalan Barang

9. Letakkan Charger dan Seluruh Kabel Dalam Tempat Kacamata

Satu kekhawatiran yang paling krusial adalah ketinggalan barang. Kalau kita nggak terlalu suka sama barang tersebut sih nggak masalah ya. Tapi, kalau barangnya cukup penting untuk kita ‘kan bisa berabe. Contohnya saja, charger dan kabel-kabel lainnya.

Khusus charger dan kabel-kabel, kita bisa meletakkannya di dalam tempat kacamata. Intinya adalah kita cari tempat khusus buat menyimpan barang perintilan kita.

Sebelum moving ke tempat baru atau meninggalkan penginapan. Ada baiknya kita pastikan bahwa semua perintilan sudah ada pada tempat khususnya. Jadi, nggak ada kekhawatiran bakal ketinggalan barang lagi deh.

Kira-kira ada 9 travel hacks sederhana yang bisa bikin perjalanan kita nyaman dan nggak khawatir ketinggalan barang. Teman-teman sudah sering melakukan yang mana saja nih? Atau malah sudah melakukan semua dan punya travel hacks yang lain. Yuk share di kolom komentar.

Bacaan Menarik Lainnya:

7 pemikiran pada “Travel Hacks Sederhana untuk Perjalanan Nyaman”

  1. Sebagai workaholic, kayaknya emang paling dilema sih sama yang namanya nentuin waktu liburan. Apalagi, seringnya waktunya itu mepet banget. Saya ini seumur-umur baru pernah ngerasain libur seminggu, itu ya pas honeymoon aja. Selepasnya bener-bener hidup kerja weekdays nyantai weekend, gitu terus.

    Ruginya liburan weekend, itu biasanya jalanan macet, jadi waktu kebuang banyak. Tapi kalo jalan hari weekdays, kadangkala beberapa tempat wisata ga buka sama sekali.

    Yah, gitulah dilemanya wkwkwk

    Balas
  2. Ahh tipsnya ini berguna banget sih mbak kalau soal persiapan utk bepergian atau liburan
    Beberapa sudah aku terapkan mbak
    Spt gulung baju, kadang ya kalau inget, kalau pas ga inget ya wis dibiarkan lonjoran aja wkk
    Tapi ada juga yg belum spt bawa kabel itu mbak jadinya numpang ke temen
    Nih mbak, masalahnya kadang orang2 nitip oleh2 makanan e
    Tapi kok ga sklian cuannya juga ya kan
    😆

    Balas
  3. Nice tips Mbak. Sebagian sudah kuterapkan, sebagian belum. Yang menarik kayak masukin sabun batangan itu belum. Yang suka masalah adalah Light Weight Packing, karena aku type yang segala dibawa karena takut butuh nanti di destinasi takut ga ada barangnya hahahaa

    Balas
  4. Nomor 1 betul banget. Aku belajar ini sejak punya anak. Wkwkwkwk. Soalnya beli tiketnya , mau pesawat, kereta api, bus, pasti dobel pas weekend. Makanya kalau mau bepergian jauh, aku sebisa mungkin enggak start pas weekend. Yang ada malah stres.

    No. 4, baju digulung, bukan dilipat, ini udah aku terapin bahkan kalau mau ke lapangan dan mendaki gunung. Sangat hemas space.

    Balas
  5. Sepakat pake banyak dengan semua point travel hacks-nya.
    Tinggal satu yang saya suka kelupaan, kebisaan mencuci pas masih ngetrip. Secara suka lupa dengan printilan barang yang suka kepisah, jadi masih suka khawatir sendiri kalo sampe cucian pas ngetrip ketinggal 😀

    Balas
  6. Wah seru banget kalau segala aktivitasnya seperti ini sudah terencana dengan baik dan tidak perlu khawatir lagi kalau mau kemana naik apa, kesana ngaapain dan lain sebagainya.. Plan-plan sepperti ini penting banget sih, supaya gak dadakan dan malah jadi kacau

    Balas
  7. Tips yang bermanfaat nih. Apalagi saya sedang merencanakan cuti untuk liburan. Tapi ya itu, akhir tahun udah pada cuti, kalau saya ikutan cuti akhir tahun, bakalan penuh sesak dan tidak menikmatinya.

    Untuk menghindarinya, rencana saya ambil cuti di awal tahun aja, semoga udah gak banyak libur, hihihi.

    Balas

Tinggalkan komentar